Bagaimana Cara Mendapatkat Sertifikasi Paralayang

14/11/2011

Oleh: Aro

Di Indonesia, kemunculan olahraga outdoor paralayang memang tergolong masih baru, berbeda dengan olahraga outdoor lainnya semacam mountainering, climbing, rafting, caving dan sebagainya yang terlebih dahulu di perkenalkan. Namun seiring waktu jumlah peminat paralayang di berbagai daerah mulai bertambah dengan bukti semakin banyaknya klub yang didirikan guna berorientasi pada pelatihan terbang. Klub-klub ini tidak jarang menyulap bukit yang sebelumnya tidak di fungsikan menjadi tempat mereka berlatih.

Jika Anda tertarik untuk belajar terbang, Anda pun bisa bergabung dengan mereka. Untuk persayaratan keanggotaan ini terserah prosedur dari klub. Namun bagi Anda yang tidak mau ambil pusing, Andapun masih bisa belajar terbang dengan mengambil paket pembelajaran yang mereka sediakan. Biasanya di akhir pelatihan Anda akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti kelulusan Anda dalam belajar terbang. Fungsi sertifikasi ini semacam SIM yang membolehkan Anda terbang kapanpun di wilayah manapun yang Anda suka. Disarankan untuk lokasi terbang baru tetap mengikuti petunjuk dari glider yang pernah terbang ke lokasi tersebut guna keamanan kita sendiri.

Well, mau tahu proses mendapatkan sertifikasi pembelajaran terbang? Beberapa klub ada yang memberikan penawaran bentuk dan pelatihan yang berbeda di sesuaikan dengan tahapan kemampuan seseorang. Seperti misalnya yang di lakukan oleh salah satu situs www.merapiparagliding.comyang membagi pelatihan pada 4 kategori, yaitu kursus 1 hari percobaan, kursus 4 hari (Tingkat PS/Paralayang Dasar), Kursus Delapan Hari (Tingkat PL 1/Penerbang Klub), dan Kursus Lanjutan.

Setiap bentuk pelatihan ini, materi yang di sampaikan tentunya tidaklah sama. Jika Anda ingin mendapatkan sertifikat terbang, yaitu dari LGI FASI, minimal Anda harus memilih kursus delapan hari pada opsi pilihan yang mereka tawarkan.

Gambaran umumproses sertifikasi terbang

Pada tahap awal biasanya dimulai dengan materi ruang untuk membahas dasar-dasar paralayang, termasuk teori-teori dasar penerbangan serta struktur dasar dan operasi paraglider tersebut.

Kemudian Anda akan belajar bagaimana mengontrol glider di tanah, berlatih take-off dan mengendalikan parasut. Kemudian Anda akan praktek penerbangan pertama di bukit rendah. Sekolah paralayang di luar negeri ada yang menggunakan derek khusus guna menarik glider. Biasanya peralatan ini di gunakan di wilayah yang tidak memiliki bukit sama sekali.

Beberapa materi yang Anda dapatkan:

  • Filosofi paralayang
  • Teknik dasar paralayang
  • Praktek mengembangkan parasut
  • Dasar-dasar meteorology dan aerodinamika
  • Praktek terbang (teknik mengendalikan parasut di darat, teknik lepas landas, manuver sederhana di udara, dan teknik mendarat)
  • Teknik mengatasi keadaan darurat di udara
  • Teknik membubung/mempertahankan ketinggian.

SUPERGEAR is coming soon..!! akan ada banyak sekali adventure gear yang bisa didapat dengan menukarkan poin..

Komentari artikel ini dan kumpulkan poin di account kamu (max 10 poin per hari untuk point komentar). Selebihnya komentar mu tidak mendapatkan poin. Poin yang terkumpul dapat ditukarkan dengan berbagai perlengka[an adventure menarik di SUPERGEAR

Belum terdaftar sebagai member www.djarumsuper.com? segeralah mendaftar di sini dan segera kumpulkan poin!!

Share

Saya sudah berumur 18 tahun