Melirik Cara Memperoleh Sertifikat Penyelaman PADI

14/09/2011

Oleh: Aro

Sertifikat penyelaman bertujuan sebagai legalitas dan menunjukkan tingkat kemampuan selam yang dimiliki

Apa itu sertifikat selam? Sertifikat selam sama seperti ketika Anda memutuskan untuk membuat SIM di Kepolisian. Yaitu sebuah legalitas yang mengijinkan Anda untuk berkegiatan.

Di dalam diving, ada beberapa sertifikasi yang berjenjang. Setiap jenjangnya memiliki materi keilmuan yang di sesuaikan dengan tingkat kesulitan yang akan di alami selama melakukan penyelaman.

Untuk memperolehnya, ada beberapa lembaga di Indonesia yang memiliki hak untuk mengeluarkan sertifikasi selam. Sebut saja Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) yang berafiliasi dengan Confederation Mondiale des Activites Subaquatiques (CMAS) yang berpusat di Italia, Technical Diving International & Scuba Diving International (TDI-SDI), National Association of Underwater Instructors (NAUI) Indonesia yang langsung di bawah NAUI pusat di Amerika Serikat, dan berlaku di seluruh dunia, serta Profesional Association Diving Instructor (PADI) . Untuk kali ini kita akan melirik proses mendapatkan sertifikasi selam di PADI.

Sertifikasi tingkat dasar di PADI bernama Open Water Course. Sertifikasi ini di khususkan buat pemula, yang mulai mengenal kegiatan diving. Jika sebelumnya Anda belum bisa berenang, bukan menjadi hambatan untuk mengikuti program ini. Ada 3 fase pelatihan yang harus Anda lakukan.

1. Academic Session

Sebelum Anda praktek, ada teori-teori yang harus Anda cerna dalam otak. Pengenalan materi ini dimaksudkan agar Anda siap selama melakukan scuba diving di perairan nanti. Biasanya di lakukan dalam sebuah kelas, dengan dive master berpengalaman yang menjadi tutornya. Di sini nanti Anda akan mempelajari pengenalan alat scuba diving beserta fungsi dan cara penggunaannya. Tidak lupa Anda akan mendapatkan materi cara perawatan peralatan setelah melakukan diving. Hukum-hukum fisika, seperti hukum tekanan, hukum gas, hukum perubahan suhu dan volume yang ikut mempengaruhi selama menyelam juga di ajarkan di kelas ini.

Jangan kuatir bagi Anda yang memiliki kesibukan padat, karena di PADI ada terobosan kebijakan yang dikembangkan buat para murid. Melalui materi yang dapat Anda pelajari via online.

2. Pool Training

Tahapan ini bisa di katakan tempatnya praktek dan simulasi. Jika sebelumnya Anda memperoleh banyak teori selama Academic Session, maka di Pool Training ini pengetahuan Anda akan semakin di pertegas dengan praktek langsung di bawah bimbingan instruktur. Bagaimana cara merakit peralatan scuba diving. Membersihkan mask Anda dari air atau cara bernapas menggunakan regulator yang biasanya masih kaku di lakukan pemula.

Scuba diving merupakan kegiatan yang penuh resiko, maka pengendalian ke adaan darurat perlu di ajarkan, agar para penyelam pemula nanti sigap dalam mengatasi bahaya. Di Pool Training inilah simulasi itu di buat. Seperti misalnya keadaan penyelam jika panik di dalam air dan bagaimana menenangkannya.

3. Open Water Session

Inilah session akhir sebelum seseorang mendapatkan sertifikat diving tingkat pertama. Anda akan menyelami laut dan merasakan sensasi keindahan dunia bawah laut yang tidak akan Anda lupakan. Di bawah instruktur, Anda akan di pandu tahap demi tahap.

Biasanya lokasi penyelaman untuk pemula, dipilihkan ke lokasi yang tidak terlalu dalam, tapi juga tak lupa menyajikan panorama indah, agar para penyelam pemula selama mengikuti pelatihan merasa bergembira.

SUPERGEAR is coming soon..!! akan ada banyak sekali adventure gear yang bisa didapat dengan menukarkan poin..

Komentari artikel ini dan kumpulkan poin di account kamu (max 10 poin per hari untuk point komentar). Selebihnya komentar mu tidak mendapatkan poin. Poin yang terkumpul dapat ditukarkan dengan berbagai perlengka[an adventure menarik di SUPERGEAR

Belum terdaftar sebagai member www.djarumsuper.com? segeralah mendaftar di sini dan segera kumpulkan poin!!

Share

Saya sudah berumur 18 tahun