Mentawai, Termasuk 10 Lokasi Surfing Terbaik Dunia

27/09/2011

Oleh: Aro

Setiap menyebut nama Mentawai, pikiran kita langsung tertuju pada gempa dan tsunami yang terjadi pada 2010 kemarin. Gempa berkekuatan 7,2 skala Richter (SR) telah menimbulkan banyak keluarga kehilangan saudara dan harta bendanya. Sebelumnya tidak banyak orang yang mengenal tempat ini sebelum pemberitaan besar-besaran yang di lakukan berbagai media pasca tsunami. Padahal kepulauan yang merupakan wilayah kabupaten di Propinsi Sumatera Barat ini telah menjadi magnet peselancar kelas dunia. Bahkan, Mentawai sendiri di sebut sebagai 10 lokasi surfing terbaik dunia lho.

Mentawai terletak pada jarak 150 km lepas pantai Pulau Sumatera. Kabupaten memiliki luas 601 km persegi dan telah dihuni oleh 64 235 orang, sebagian besar penduduk merupakan suku asli mentawai. Kepulauan Mentawai terdiri dari 213 pulau dengan empat pulau utama di Siberut, Sipora, Pagai Utara dan Pagai Selatan. Kepulauan Mentawai memiliki garis pantai 758 km.

Ciri khas Mentawai adalah pantai dengan pasir putih, pulau-pulau cantik, dan terumbu karangnya yang menjadi sumber kekayaan alamnya. Lebih dari itu, tidak ada yang pernah menyadari sebelumnya jika potensi ombak besar di kepulauan ini sangat cocok buat kegiatan surfing, terutama terdapatnya barrief (jenis ombak seperti membentuk lingkaran). Baru mulai terungkap ketika pada pertengahan 1990-an, oleh beberapa surfer dari Australia yang sedang mengunjungi daerah ini. Mereka kemudian ikut andil dalam menyebarluaskan temuan ini, bahkah di antaranya telah ikut mendirikan sebuah resort yang di tujukan untuk melyani wisatawan asing yang mau melakukan surfing di daerah ini.

Akses

Dimulai dari Padang yang bisa Anda tempuh melalui jalur udara. Setelah itu perjalanan di lanjutkan menuju Mentawai melalui jalur air dengan menggunakan kapal : KM. Ambu-ambu dengan rute Padang-Sipora setiap hari Senin dan Padang-Sikakap setiap hari Rabu dan Jumat. KM. Sumber Rezaki Baru dengan rute Padang-Muara Siberut setiap hari Senin dan Rabu, Padang-Sipora (Rabu) dengan rute Bungus-SIpora (Sabtu). Semua kapal bertolak dari Muara Padang antara jam 18.00 s/d 20.00 Wib.

Gambaran umum lokasi surfing

Ada sekitar 400 titik yang di jadikan tempat surfing di kepulauan MentawaiDari 400 titik selancar, gelombang 23 poin yang memiliki skala internasional. Daerah ini tersebar antara lain di daerah Nyang-Nyang, Karang Bajat, Karoniki, Pananggelat dan Mainuk (Pulau Siberut), Katiet Basua (Pulau Sipoira) dan Pagai Utara (Sikakap Island).

Image by minangkabautourism

Waktu terbaik untuk berselancar

April-Agustus

SUPERGEAR is coming soon..!! akan ada banyak sekali adventure gear yang bisa didapat dengan menukarkan poin..

Komentari artikel ini dan kumpulkan poin di account kamu (max 10 poin per hari untuk point komentar). Selebihnya komentar mu tidak mendapatkan poin. Poin yang terkumpul dapat ditukarkan dengan berbagai perlengka[an adventure menarik di SUPERGEAR

Belum terdaftar sebagai member www.djarumsuper.com? segeralah mendaftar di sini dan segera kumpulkan poin!!

Share

Saya sudah berumur 18 tahun