Teknik Penelusuran Goa Horizontal

07/11/2011

Oleh: Aro

Teknik penelusuran goa pada umumnya tidaklah jauh berbeda dengan teknik yang di gunakan oleh seorang climber maupun mountainer. Hanya saja kondisi medannya yang tidaklah sama. Sebagian caver beranggapan bahwa teknik penelusuran goa lebih sulit ketimbang 2 jenis outdor yang di sebutkan di atas. Alasan ini di dasarkan pada keterbatasan cahaya saat penelusuran goa, dan juga kandungan udara yang tidak sehat, sehingga pergerakan seorang caver di tuntut harus cepat dan tepat.

Saat kita mengeksplorasi ruang yang ada di goa, sebenarnya pergerakan kita hanya 2 macam, di sesuaikan dengan karakteristik lorong goa berupa vertical maupun horizontal. Kedua bentuk goa ini memiliki tingkat kesulitan bervariasi tergantung pengalaman dan mood seseorang. Ada yang lebih tertarik menjelajahi goa vertical karena bisa lebih sering mempraktekkan single rope technique (SRT), ada juga caver yang terobsesi ke karakteristik goa berupa horizontal.

Teknik Penelusuran Goa Horizontal

Yang harus di ingat saat penelusuran goa horizontal, adalah tentang medan yang akan di lalui. Terkadang di beberapa goa, lorong-lorongnya tidak hanya melewati susunan stalaktit dan stalagmit yang mengagumkan. Sehingga kita berjalan dengan leluasa bebasnya sambil menikmati karya Tuhan. Perlu juga mewaspadai material lain seperti lumpur dan air.

 

Lumpur ini sangat mengganggu pergerakan caver. Tidak jarang keberadaannya sampai mencapai perut seseorang. Jika hal ini di temui, jangan memaksakan diri dengan berjalan seperti biasa karena hal ini hanyalah pekerjaan berat yang membuat fisik cepat drop. Biasanya caver berpengalaman akan melewati dengan posisi berenang. Terbukti dengan posisi tersebut memudahkan mereka bergerak dan menghemat tenaga.

Sementara untuk goa yang berair hanya di rekomendasikan buat caver yang bisa berenang saja. Karena ini menyangkut dengan keselamatan caver itu sendiri. Goa yang sudah teridentifikasi berupa lorong panjang, maka perlu menggunakan pelampung maupun perahu karet.

Untuk memudahkan pergerakan tim jangan pernah memberikan beban terlalu berat kepada seorang leader. Biarkan dia fokus dalam membuat lintasan dan mempelajari kondisi medan.

Ada juga lorong yang hampir semua di penuhi oleh air hanya ada ruangan sedikit yang tersisa. Untuk melewatinya kita harus melakukan DUCKING ( kepala menengadah ). Kadang-kadang kita harus melepas helm untuk menambah ruang gerak kepala. Dalam kondisi tertentu kita melakukan ducking dengan jongkok, bahkan dengan berbaring kalau badan tidak dapat masuk seluruhnya.

Untuk lorong goa yang sepenuhnya tertutup air, maka jalan satu-satunya dengan melakukan cave diving, yaitu perpaduan antara jenis outdoor diving dan caving. Sama seperti diving di perairang lautan yang membawa perlengkapan seperti regulator, fins, tank, hanya saja medannya di dalam perairan goa.

Untuk perbandingan resiko kematian di cave diving adalah 60% tewas. Sedang resiko caving 15 %. Dengan melihat perbandingan resiko kematian yang besar ini kita di tuntut untuk ekstra hati - hati, seyogyanya tidak meneruskan penelusuran jika tanpa alat pendukung yang standart.

Dalam suatu penelusuran gua terkadang kita menjumpai adanya water fall ataupun lorong yang terletak di atas kita. Untuk dapat meneruskan penelusuran kita harus menggunakan teknik - teknik Rock Climbing. Seperti memasang pengaman sisip dan bor tebing untuk pembuatan lintasan, yang melakukan adalah leader dan kemudian anggota yang lain melewatinya dengan SRT. Teknik rock climbing harus bisa di lakukan pada kondisi medan seperti :

- Aliran air yang deras dan kita tidak mengetahui kedalamannya.

- Gua yang berbentuk celah dan menyempit bagian dasarnya

- Sungai besar atau danau yang dalam.

- Pemasangan rigging pada waterfall.

- Menghindari calcite floor atau oolith floor.

SUPERGEAR is coming soon..!! akan ada banyak sekali adventure gear yang bisa didapat dengan menukarkan poin..

Komentari artikel ini dan kumpulkan poin di account kamu (max 10 poin per hari untuk point komentar). Selebihnya komentar mu tidak mendapatkan poin. Poin yang terkumpul dapat ditukarkan dengan berbagai perlengka[an adventure menarik di SUPERGEAR

Belum terdaftar sebagai member www.djarumsuper.com? segeralah mendaftar di sini dan segera kumpulkan poin!!

Share

Saya sudah berumur 18 tahun